BLOG

Tips Tetap Sehat dan Bugar Setelah Libur Lebaran

Libur Lebaran – Tahun ini libur lebaran Hari Raya Idulfitri dirasakan cukup panjang. Dengan adanya libur panjang ini kita bisa memaksimalkan waktu sebaik-baiknya untuk berkumpul bersama keluarga di rumah.

Tidak hanya tiga hari, libur lebaran pada tahun ini jika dihitung bisa sampai 10 hari. Tentu saja ini bukan waktu yang sedikit dan bisa jadi sangat jarang kita temui waktu libur sepanjang ini.

Meski begitu kita juga perlu melakukan pemulihan dengan usaha yang kuat agar semangat kembali beraktivitas tetap terjaga.

Apalagi saat ini libur lebaran telah berakhir saatnya kembali melakukan aktivitas seperti sedia kala. Jangan sampai libur lebaran yang lama membuat kamu tidak semangat dan memulai produktivitas kembali.

Kali ini Samanea Hill akan memberikan tips agar tetap sehat dan bugar setelah libur lebaran yang panjang. Simak tipsnya berikut ini.

3  Tips dari Samanea Hill Agar Tetap Sehat dan Bugar Setelah Libur Lebaran yang Panjang

Seperti halnya tumbuhan yang perlu kita siram dan rawat, tubuh dan badan kita perlu dijaga dan dirawat pula  agar tetap sehat apalagi jika setelah sekian lama libur panjang dan biasanya ini adalah waktu yang tepat untuk melakukan segala hal.

Jika tidak kita perhatikan bisa saja kita banyak melakukan berbagai hal yang merugikan tubuh seperti makan makanan yang tidak sehat, jarang berolahraga, terlalu banyak rebahan, tidur larut malam, terlalu banyak mengonsumsi minuman manis dan sedikit minum air putih dan lain sebagainya.

Jika tidak direm ini bisa mengganggu aktivitas kita setelah libur selesai dan memulai aktivitas kembali. Berikut 3 tips agar tetap sehat dan bugar setelah lebaran.

Membuat Daily Journal

Tahap pertama yang bisa kamu coba untuk memulai aktivitas kembali setelah lebaran adalah dengan membuat jurnal.

Kamu bisa menuliskan to do list di gadget atau di sebuah buku jurnal tentang apa saja aktivitas produktif yang harus kamu lakukan setiap hari. Terbukti cara ini sangat membantu terutama bagi kita yang akan kembali beraktivitas setelah lebaran.

Libur panjang membuat kita perlu membangun habit lama dengan penuh perjuangan dengan membuat daily journal kamu bisa mengukur dan mengetahui rencana apa saja yang harus kamu eksekusi di hari ini.

Dengan daily journal juga kamu bisa mulai mengatur pola hidup yang ideal. Kamu bisa kembali mengatur pola tidur kamu tercukupi selama 7-8 jam setiap harinya sehingga potensi untuk melakukan begadang juga bisa kamu hindari.

Kamu juga bisa mengatur pola makan. Apa saja makanan yang ingin kamu makan hari ini. Sesuaikan dengan kandungan makanan yang mengandung 4 sehat 5 sempurna. 

Dengan daily journal kamu bisa mengatur kebutuhan cairan kamu. Sudah berapa gelas air yang kamu minum. Apakah masih kurang atau sudah terpenuhi. Dengan cara ini jadi terukur segala kebutuhan hidup kita.

Mulai Membuat Jadwal Rutin Berolahraga

Olahraga sama pentingnya seperti makan dan minum. Jika kita kurang melakukan olahraga maka meski asupan makan dan minum seimbang tubuh kita tetap akan terasa lesu dan mudah lelah.

Bahkan sebuah penelitian, kita perlu melatih kerja otot sejak sebelum umur 30 tahun agar kesehatan tubuh terutama  otot kita dapat terlatih dengan baik.

Lakukan olahraga rutin minimal seminggu sekali dengan melakukan stretching dan melakukan jogging di area jogging track di Samanea Hill di sore hari.

Kelola Stres di Tengah Kesibukan

Padatnya aktivitas tentu saja memicu stress muncul semakin besar. Caranya adalah dengan tetap mengelola stres yang ada. Kamu bisa melakukan yoga, melakukan tarik nafas yang panjang, membaca buku, dan beristirahat.

Nah, ini dia tips yang bisa kamu terapkan agar tetap produktif dengan badan yang sehat dan bugar setelah libur lebaran yang panjang. kunjungi blog Samanea Hill untuk dapatkan informasi dan tips menarik lainnya. (MSH)

 

imgWAchatYuk wa